Tips Untuk Mengelola Keuangan Bagi Para Pebisnis Online

Tips Untuk Mengelola Keuangan Bagi Para Pebisnis Online

Mengelola keuangan suatu hal penting yang wajib dilakukan oleh pebisnis online. Semua orang yang melakukan bisnis baik secara online maupun tidak pasti akan tetap mengelola keuangan bisnisnya.

Jika kamu seorang pemula dalam berbisnis online dan tidak tahu cara mengelola bisnis dengan baik, maka kamu dapat melihat tips di bawah ini. Langsung saja ini dia cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengelola keuangan bisnis online.

Tips Mengelola Keuangan Bisnis Online Bagi Para Pemula

1. Pisahkan Uang Pribadi Dengan Bisnis

Cara sederhana untuk mengelola keuangan bagi para pebisnis online uang pertama yaitu memisahkan antara uang pribadi dengan uang hasil bisnis. Kamu perlu mencatatnya secara detail di buku catatan atau buku laporan. Hal yang perlu dilakukan agar kita tidak bingung dalam menghitung keuntungan yang kita peroleh.

Atau kita juga bisa membuka rekening lain dari awal yang khusus digunakan untuk keuangan bisnis. Jangan pernah sekali-kali mencampuradukkan keduanya. Dengan demikian pengaturan keuanganmu dalam bisnis online menjadi teratur.

2. Catat Pasukan Perhari

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk mengelola keuangan bisnis mu adalah dengan mencatat semua pemasukan perhari. Kamu perlu mencatat semuanya secara detail termasuk dari mana sumber uang itu berasal. Kamu bisa mencatatnya di buku laporan kas.

Namun di zaman yang serba canggih ini sudah banyak tersedia aplikasi kas yang dapat digunakan secara mudah dan instan. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantumu mengelola bisnis keuanganmu.

Sehingga kamu tidak perlu repot lagi melakukannya secara manual. Di aplikasi ini biasanya memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga kamu tidak akan rugi jika menggunakannya.

Bagaimana dengan Pencatatan Pengeluaran yang Tepat dalam Keuangan Bisnis Online?

3. Catat Biaya Tetap

Maksud biaya tetap di sini adalah semua biaya yang sudah pasti akan kami keluarkan dalam bisnismu setiap bulannya atau bisa dalam jangka waktu tertentu. Kamu perlu mencatatnya secara keseluruhan agar dapat mengetahui profit bulanan bisnismu.

Kamu bisa melihat semua biaya tersebut dan mengontrol biaya keluarnya. Contoh dari biaya tetap ini adalah seperti biaya internet, biaya hosting dan domain, upah dan gaji karyawan, serta biaya tetap lainnya.

Semua biaya tetap ini berbeda-beda untuk bisnis online satu dengan bisnis online lainnya. Untuk itu kamu perlu mencatat semua biaya tersebut agar kamu dapat mengelola bisnismu dengan baik.

4. Catat Biaya Variabel

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengelola keuangan bagi para pebisnis online yaitu dengan mencatat semua variabel yang keluarkan. Biaya variabel ini merupakan biaya tidak tetap atau akan berubah setiap bulannya. Semua itu tergantung kondisi dan aktivitas yang kamu jalankan dalam satu bulan.

Contohnya seperti pembelian barang yang akan di jual kembali, bahan baku untuk pembuatan produk, biaya pulsa, biaya pengiriman barang, hingga uang tip untuk kurir. Semua itu harus ditulis secara rinci agar tidak terjadi kesalahan dalam mengatur bisnis keuangan online.

5. Hitung Laba dan Rugi

Ini merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan dalam mengelola keuangan untuk para pebisnis online. Tidak hanya berlaku untuk usaha online, penghitungan laba dan rugi yang akan dilakukan oleh semua pebisnis bisnis. 

Kamu perlu mencatat berapa lama dan rugi di setiap bulannya agar kamu tahu apakah bisnis online yang kamu jalankan mendapatkan untung atau tidak. Itulah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan oleh pebisnis online untuk mengelola keuangan bisnisnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.